Karakteristik desain masing-masing tempat tinggal budaya Sunda : KABARGOAL

Rumah  adat  Jawa Barat  memiliki  ornamen unik yang tinggi secara historis

Melihat bentuk arsitektur yang  diaplikasikan pada gambar rumah  adat Jawa Barat  , tentunya memiliki desain yang unik.   Tidak hanya unik, tetapi juga menarik untuk digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat.   Adapun desainnya, tentunya  bentuk rumah sudah ada sejak zaman kuno sebagai peninggalan.

Desain rumah harus disesuaikan dari arsitektur tertentu, lalu ditransformasikan agar menjadi hal baru.  Keunikan keberadaan rumah adat  tentunya mampu memberikan sentuhan klasik kepada  penghuninya  .   Sampai saat ini, bentuk rumah masih bisa disesuaikan untuk menembus arsitektur modern penuh.

Namun, apakah Anda akrab dengan semua rumah tradisionalnya yang terletak di provinsi ini?  Karena setiap suku dan daerah memiliki karakteristik yang berbeda  – beda, terutama rumah adat Jawa Barat, tentunya   dapat didukung sebagai identitas.   Jenis  kebanggaan  regional inilah yang dapat digunakan untuk memberikan rasa yang  berbeda  dengan cara yang berbeda.

Kami ingin  membahas seluruh daftar  secara keseluruhan , sehingga berfungsi sebagai panduan bagi masyarakat modern.   Jika mampu memahami dan melestarikan budaya, tentunya  keberadaan tradisi   bawaan  tidak akan pernah hilang.   Jadi,  mari kita ikuti diskusi lengkap sehingga memberikan wawasan kepada semua orang untuk mengenal budaya.

Daftar nama   rumah adat terlengkap di Jawa Barat

Ketika anda mengetahui tentang keberadaan perumahan yang merupakan warisan nenek moyang tentunya setiap daerah memiliki pola yang berbeda-beda.   Harus ada tujuan dan nilai sejarah yang terpisah dalam hal   penamaan bentuk rumah.   Bahkan, tidak heran jika hingga saat ini keberadaan rumah tersebut sangat unik dan masih mudah ditemukan.

Wilayah provinsi Jawa Barat sangat dekat dan kental dengan budaya masyarakat, sehingga  masih sangat disegani.   Termasuk pilihan desain rumah adat di  interior oleh orang Jawa Barat, hampir semua orang masih menganut struktur tradisional  sebagai tempat tinggal.   Ada beberapa kata yang disematkan di tempat tinggal sesuai dengan bentuk-bentuk tertentu di Jawa Barat.

Terdiri dari imah rhino heuay, julang ngapak, perahu kumureb, jolopong dan dog togog.   Setiap kata identik dengan istilah hewan dan  memiliki arti tersendiri sesuai dengan desainnya.   Anda dapat mengenali menggunakan gambar dari rumah tradisional khusus untuk  Jawa Barat untuk memudahkan melihat perbedaannya.

Selain lima  jenis  rumah adat Jawa Barat yang paling populer, tentunya  ada model  lain  yang cukup tua.   Hanya di beberapa tempat  jika Anda ingin mencari jenis rumah,  karena jumlahnya sedikit.   Hunian yang dimaksud memiliki nama gunting capit imah, imah kasepuhan dan saung ranggon.

Dalam masyarakat , tentu saja,  jenis adat istiadat ini masih dilaksanakan  sebaik mungkin pada tahap pengembangan perumahan.   Apalagi   di pedesaan, anda akan lebih mudah menemukan segala macam rumah sesuai dengan  daerahnya.  Pasalnya, beberapa nama rumahnya cenderung ditemukan di tempat-tempat tertentu sesuai dengan adat istiadatnya.

Bentuk dan desain tradisional di tempat tinggal

Setelah berkenalan dengan nama  rumah adat di  Jawa Barat, kini saatnya untuk memahami desain secara detail  .   Tahap ini akan memberi Anda pandangan , ketika Anda ingin memahami perbedaan antara setiap nama rumah.  Pembahasan ini  akan dimulai dari keberadaan heuay rhinoceros imah yang masih umum terjadi.

Mengetahui bentuk rumah badak heuay ,  ternyata  sangat sederhana, karena terbuat dari kayu dan bambu.   Pemilihan  bahan bangunan juga  menyiratkan  bahwa pemilik rumah mampu mengurus keluarganya. Heuay adak tipe B  milik tempat  tinggal tinggi,  karena fondasinya tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Dengan kelanjutan dari julang ngapak, hunian  ini memiliki bentuk yang agak unik,  karena berbentuk seperti burung.   Dalam gambar,  burung julang terbang dan mengepakkan sayapnya dengan bentuk berbentuk V.   Untuk dekorasi,  ia menggunakan kayu datar untuk berbagai sudut dan  dirancang untuk berjalan di pangkalan.

Keunikan  rumah adat Jawa Barat selanjutnya  adalah perahu cumurebu yang bentuknya  seperti segitiga terbalik.   Model unik,  yang termasuk dalam bentuk rumah, dapat digunakan pada saat yang sama di depan dan belakang . Karena  memiliki empat bagian utama, hunian ini sangat multifungsi sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Anjing togog Imah memiliki  atap dua lapis  dengan  bentuk  segitiga, dan  memiliki dasar kaki.   Padahal imah jolopong merupakan rumah yang paling umum ditemukan  saat berkunjung ke daerah Sunda.   Karena cukup modern, jolopong adalah satu-satunya tempat tinggal,  yang fondasinya terintegrasi langsung dengan tano.

Karakteristik desain masing-masing tempat tinggal budaya Sunda

Setiap tempat tinggal, ketika membangun struktur bangunan  secara rinci, harus memiliki karakteristik dan filosofi tertentu.  Keunikan rumah adat Jawa Barat  ini  perlu dikenal secara detail sebagai tradisi yang ditinggalkan oleh nenek moyang.  Dengan demikian, setidaknya bentuk perumahan harus dipahami dengan maksud dan tujuan  sebelum mulai dibentuk sesuai dengan filosofinya.

Terkait erat dengan namanya, badak heuay memiliki arti badak , yang menguap secara keseluruhan. Di bagian depan atap Anda akan melihat bentuk badak sebagai filosofi leluhur.  Adanya   filosofi tersebut  akan menunjukkan bahwa masyarakat Sunda sangat ramah kepada para tamunya.

Imah julang ngapak merupakan ciri khas bahwa penghuninya memiliki karakter yang cerdas dalam menyelesaikan semua masalah.  Terutama dalam masalah kehidupan  , tampaknya   pemilik rumah memiliki kesempatan untuk menengahi dalam masalah ini.   Bentuk panggung dalam  desainnya  juga merupakan filosofi bahwa manusia hidup di  antara bumi  dan langit.

Mengetahui bahwa rumah adat Jawa Barat adalah semacam nama seperti rumah, setidaknya ada perahu cumurebu.   Menurut filosofi,  tempat tinggal itu diciptakan oleh desain kapal, yang terbalik di atap.  Karena memiliki bentuk segitiga yang memanjang,  rumah  ini  sering dianggap unik dan diadaptasi oleh masyarakat.

Untuk diskusi mengenai imah jolopong, tentunya  sudah ada sifat  terbuka  untuk menerima tamu untuk  mengadakan berbagai pertemuan. Kemudian, untuk jenis anjing togog  , bentuknya menyerupai anjing yang duduk  , mewakili kesederhanaan.  Karena  bentuknya yang sederhana, anjing imah togog  sering dipadukan dengan desain bangunan tempat tinggal minimalis dengan gaya   modern  .

Sejarah peninggalan leluhur yang terkait dengan arsitektur sundanesse

Pembahasan mengenai keberadaan berbagai jenis rumah hunian  di wilayah Jawa Barat sangat menarik.   Pasalnya,  jenis rumahnya  sangat  beragam dan  memiliki makna tersendiri untuk dihuni oleh sebuah keluarga.   Arsitektur kuno harus memiliki prioritas untuk diterapkan , untuk dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Menyadari bahwa  rumah adat Jawa Barat terdiri dari beberapa nama  yang berbeda  , tentu mengundang rasa ingin tahu.   Model hunian  dari masa lalu  memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena mampu menjadi tradisi.   Setiap jenis rumah memiliki makna yang sangat kental dalam nilai kehidupan masyarakat setiap harinya.

Banyak peran dan fungsi suatu tempat tinggal  tergantung pada jenisnya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penduduk.  Peninggalan leluhur di masa lalu  masih terkait   erat dengan  adat istiadat  kerajaan kuno .   Ketika masa   kerajaan  masih berkuasa,  bentuk  rumahnya masih seragam dan hampir sama untuk setiap penghuni.

Jika Anda melihatnya secara rinci, fondasi tengah tidak menyentuh tanah dan  setiap sudut diberi jejak.   Tujuan utama dari desain ini  adalah  untuk melindungi populasi  dari  serangan hewan liar.  Tentu saja, hal seperti itu memiliki sejarah yang berharga seputar  cara  berpikir  dalam budaya dan  adat istiadat.

Seiring waktu, tradisi  rumah tinggal jenis ini harus tetap berkelanjutan dan tidak boleh hilang.  Sebagian besar masyarakat modern berusaha menyesuaikan  desain rumah tangga  dengan  gaya baru model  saat ini.  Dengan cara ini  , keberadaan  rumah  adat Jawa Barat terlengkap  harus tetap berkelanjutan hingga sewaktu-waktu.

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.